Pages

Sunday, June 4, 2023

"Prestasi" Lain Jose Mourinho

Minggu 04-06-2023,16:43 WIB

Jose Mourinho harus berhenti melakukan protes berlebihan kepada wasit. Protes Mourinho kerap membakar pengemar untuk melakukan tindakan anarkis. Yang terbaru, Mourinho memprotes wasit Anthony Taylor. Wasit asal Inggris disemprot setelah Roma kalah adu pen--

Tim-tim Italia maju tampil di final antarklub Eropa, tetapi membawa budaya kecurigaan. Kultur menyedihkan itu kembali menyeret reputasi Serie A. Jose Mourinho dan Aurelio De Laurentiis secara efektif memimpin ‘’serangan’’ terhadap wasit Anthony Taylor.

Itu pasti akan terjadi, adegan-adegan di bandara di Budapest, karena ofisial telah difitnah dan dianggap sebagai satu-satunya alasan kegagalan mereka mendapatkan hasil di kompetisi UEFA. Ketika Mourinho berpikir ia bisa berjalan ke Taylor di tempat parkir stadion dan meneriakkan "aib" padanya. Ini menjadi masalah. 

Mou menghabiskan sebagian besar waktunya setelah kekalahan di final Liga Europa dari Sevilla. Ia mengeluh bahwa Roma tidak cukup mendukungnya ketika ia mengeritik para pejabat dan menyatakan mereka "dirampok." Inilah akibatnya. Sekelompok penggemar mencoba menyerang Taylor, meneriakkan "bunuh dia" dan sumpah serapah. Salah seorang fans malahan mencoba meludahi Taylor, istri, dan anak perempuannya. Fans lainnya coba melempar kursi. 

Untungnya, polisi dapat membawa mereka ke tempat yang aman. Jika tidak, bukan tidak mungkin banyak ekses buruk yang terjadi gara-gara kasus emosional itu.

Ketika video insiden itu menjadi viral, para penggemar Roma yang sama di media sosial menyemangati mereka, dengan mengatakan bahwa mereka seharusnya berbuat lebih banyak untuk membalas dendam pada wasit. Kita bisa menunggu Mourinho mengingkari perilaku ini, tetapi kita tidak akan menahan napas. Mou tahu satu-satunya kekuatannya terletak pada mendapatkan penggemar di sisinya. Yang ia lakukan adalah memberi makan impuls terburuk mereka dan menemukan siapa pun yang harus disalahkan atas kegagalan timya di laga final itu. 

Itulah masalah membangkitkan mentalitas massa. Massa menjadi agak sulit dikendalikan. Pada saat itu sudah terlambat untuk merasakan kepedihan hati nurani.

Bahkan penampilan Taylor tidak seburuk itu pada malam di Budapest. Kesalahan terbesarnya adalah memberikan penalti kepada Sevilla dan itu dibatalkan setelah peninjauan VAR di lapangan. Handball terlihat jauh lebih buruk dalam gambar diam daripada rekaman video, karena lengan berada dalam posisi alami dan tidak bergerak ke arah bola. Memang benar Taylor cenderung memberikan lebih banyak kartu kuning kepada para pemain Roma daripada para pemain Sevilla, tetapi kedua tim berperilaku tidak profesional sepanjang pertandingan. Mereka dari bangku cadangan untuk memperdebatkan setiap keputusan kecil. Siapa pun akan berjuang menghadapi reaksi kekanak-kanakan seperti itu dari semua sisi selama 120 menit.

Kita sepenuhnya mengharapkan beberapa orang menulis tanggapan atas editorial ini yang mengeklaim bahwa Taylor pantas mendapatkan segalanya dan lebih buruk lagi, karena di situlah budaya penggemar sepak bola saat ini. Itu tidak tertekuk. Itu putus asa. Berebutan untuk menemukan musuh yang merupakan alasan sebenarnya dari kegagalan Anda, daripada siapa pun dari pihak Anda yang membuat kesalahan atau – amit-amit! – menerima tim lain mungkin akan melakukannya lebih baik pada malam itu. Mengangkat topi Anda ke lawan, itu topi setua Sony Walkman.

Ini hanyalah contoh terbaru, Mourinho jauh dari sendirian dalam menjadi katalisator bagi para penggemar untuk menganggap wasit adalah musuh yang mencoba menipu mereka. 

Presiden Napoli De Laurentiis dan pelatih Luciano Spalletti berulang kali menyalahkan wasit atas tersingkirnya mereka di perempat final Liga Champions dari Milan. Perilaku menyalahkan itu  berlanjut bahkan setelah kemenangan scudetto untuk menyarankan klub akan mencoba memenangkan turnamen di masa depan "jika UEFA mengizinkan" mereka.

Malam itu, penggemar Brescia memaksa meninggalkan pertandingan degradasi Serie B mereka dengan Cosenza setelah menyadari bahwa mereka akan turun, melemparkan kembang api ke lapangan dan ke bagian yang berisi pendukung tamu, bahkan melakukan invasi lapangan. Para analis terus melihat perilaku mengerikan dari para penggemar di seluruh Italia musim ini, dengan pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini mencoba berdebat entah bagaimana menyebut seseorang dari Kroasia atau Serbia sebagai 'gipsi'. Spalletti membuat fans Fiorentina melempar botol dan berusaha menamparnya ketika ia berhadapan dengan seorang pria yang cukup tua untuk mengetahui lebih baik siapa yang melontarkan hinaan sepanjang pertandingan.

Inilah yang terjadi ketika lawan diperlakukan bukan sebagai saingan, melainkan musuh yang harus dihancurkan dan dibenci. Inilah yang terjadi ketika wasit, pemain, dan pelatih direndahkan, ketika orang mengira mereka dapat mengatakan atau melakukan apa saja, bahwa itu tidak ‘’berarti’’ karena mereka berada di sisi lain dari perbedaan sepak bola.

Kita semua menyukai sepak bola. Kapan kita berhenti memperlakukan dengan buruk satu sama lain?


Sumber :

https://harian.disway.id/read/705626/prestasi-lain-jose-mourinho

No comments:

Post a Comment

Related Posts